energi lihat situs sponsor
 
Kamis, 20 Juli 2017  
 


kembali ke depan »  
forum diskusi :

diskusi berita lowongan

Tanggapan atas pesan yang sedang dibaca bisa dilakukan melalui sarana pengiriman pesan yang ada di bagian bawah.

» Lihat daftar pesan di forum diskusi
» Tulis pesan baru di forum diskusi

  • PESAN DAN TANGGAPAN :

    Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Pengelola
    Rabu, 19 September 2007 (06:38 WIB) dari IP 125.160.98.225

    Setelah sekian lama ditutup akibat penyalahgunaan sarana oleh spammer, mulai tanggal 19 September 2007 ini seluruh sarana forum dibuka kembali dengan penambahan kata kunci dinamis.

    SIlahkan memanfaatkan...


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Adi
    Rabu, 19 September 2007 (08:48 WIB) dari IP 219.83.14.234

    Terimakasih .... :-)


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Bejo
    Kamis, 20 September 2007 (13:22 WIB) dari IP 125.161.35.103

    Salah satu resiko forum di internet adalah penyalahgunaan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Saya setuju, dengan menambah penyaring seperti ini.
    Selamat berdiskusi.


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Paijo
    Kamis, 4 Oktober 2007 (12:35 WIB) dari IP 202.78.194.66

    Terimakasih atas dibukanya kembali forum diskusi ini. Saya usul supaya hasil-hasil diskusi yang dulu ( lama ) dibuka supaya bisa diakses kembali. Beberapa topik yang sangat bermanfaat seperti PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MAGNET ( PLTMg ) dan lain sebagainya yang merupakan forum diskusi favorit para eksperimenter sangat disayangkan kalau sampai hilang tanpa bekas. Topik tersebut telah didiskusikan selama hampir 2 tahun dan telah memeras banyak waktu dan energi. Mohon dipertimbangkan untuk dihidupkan kembali.
    Terimakasih dan salam eksperimen.


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Bio
    Jumat, 2 November 2007 (15:28 WIB) dari IP 202.95.138.101

    saya usul agar topik yang di bahas mengenai energi alternatif, misalnya biogas dan biodiesel


    Energi alternatif
    Oleh : Robertho
    Selasa, 27 November 2007 (16:50 WIB) dari IP 125.161.194.173

    Bagi yang tertarik dengan energi alternatif khususnya Energi Angin, dapat menghubungi saya di email roberthos@yahoo.com. kami siap bemberikan solusi untuk anda.


    Energi Angin
    Oleh : Robertho
    Selasa, 27 November 2007 (16:59 WIB) dari IP 125.161.194.173

    Pembangkit listrik tenaga angin mini 400 watt, 500 watt dan 1000 watt, sudah terbukti dapat memberikan solusi bagi daerah2 pedalaman yang tidak terjangkau PLN, instalasinya mudah dan dapat dilakukan sendiri. Dibanding dengan solar cell, pembangkit ini jauh lebih murah untuk daya yang sama, kira2 hanya 1/4 harga solar cell, bedanya untuk pembangkit energi angin daya minimumnya 400 watt, sedang untuk solar cell ada yg hanya 50wp, bahkan 25wp. alat ini sudanh banyak digunakan di daerah Riau, Bengkalis, Bengkulu, dll. Jika anda berminat, hub. 021. 70977761, e_mail : roberthos@yahoo.com.



    Mikrohidro
    Oleh : Sudiantoro
    Sabtu, 1 Desember 2007 (20:52 WIB) dari IP 202.152.170.254

    www.diantoro.cjb.net


    Mohon info Aspergillus Sp
    Oleh : Dwi Y
    Jumat, 11 Januari 2008 (20:08 WIB) dari IP 202.162.217.196

    kepada rekan mohon infonya, dimana kira2 bisa mendapatkan cendawan aspergillus sp?, dan berapa harganya??

    terimakasih sebelumnya


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Josef Kiky Soebekti
    Kamis, 27 Maret 2008 (16:10 WIB) dari IP 202.158.69.181

    Saya senang sekali Forum ini dibuka lagi,paling tidak kita2 yg senang akan segala hal berbau teknik akan terobati semangat nya.Semoga bapak2 yg mahir dan berpengalaman dalam segalahal berbau teknik bisa berbagi ilmu dgn kita2 yg awam maupun yg sedang kuliah di bag.Teknik ,Terima kasih.


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Nathan Oen
    Jumat, 18 April 2008 (05:10 WIB) dari IP 209.60.200.12

    Hello,
    Saya berusaha di bidang algae at Chicago, IL. I will be visiting Jakarta next month and interested to contact any resource at Indonesia about Algae cultivation. Therefore, I'd like to get contact name/number/email so I could set an appointment to meet appropiate person to discuss about Algae cultivation at Indonesia.


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Safri
    Kamis, 1 Mei 2008 (23:13 WIB) dari IP 125.164.124.237

    dengan adanya portal energi ini saya berharap dapat bantuan dari orang-orang yang berkevimpung dalam dunia energi altenatif. saya Safri sedang mencari bkarya-karya tenknologi yang ramah lingkungan yang menggunakan pemanfaatan energi alternatif seperti pemberdayaan energi air, matahari,dan biodiesel. Pelaksaannya pada tanggal 15-17 mei 2008 di Kampus Universitas Muhammadiyah Malang. klo ada yang bisa membantu atau tertarik, hubungin saya di 081803897075 (SAFRI)


    Energi baru telah datang!!!!
    Oleh : Dinas Pendidikan Kab.Tulang Bawang
    Senin, 26 Mei 2008 (09:07 WIB) dari IP 118.98.161.250

    Banyugeni Pengganti Minyak Bumi PDF Print
    13-03-2008
    Peneliti di Yogyakarta berhasil menemukan bahan bakar berbahan air. Ada empat jenis: pengganti minyak tanah, bensin, solar, dan avtur. Siap diproduksi secara massal. Harga minyak dunia menembus angka US$ 102,08 per barel, Rabu pekan lalu. Harga minyak yang membubung itu bikin subsidi melambung. Pemerintah pun menjadi bingung. Bayangkan, subsidi untuk BBM tahun 2007 saja mencapai Rp 50,64 trilyun.
    Sungguh beban yang amat berat hagi pemerintah yang sekarang ini terus mengalami defisit anggaran.

    Sementara kabar mendung itu berembus, titik terang datang dari Yogyakarta. Tim peneliti dari Pusat Studi Pengembangan Energi Regional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil melakukan riset bahan bakar berbahan dasar air. Hasil penelitian itu berupa bahan bakar pengganti minyak tanah, solar, bensin, dan avtur.

    Atas penemuan itu, UMY akan mengadakan grand launching tentang bahan bakar yang dinamai Banyugeni itu, April mendatang. Pada saat itulah proses pembuatan Banyugeni akan dibeberkan secara lebih lengkap dan siap digunakan dalam skala besar. “Pada saat ini sedang dalam masa fabrikasi,” kata Rektor UMY, Khoiruddin Bashori.

    Khoiruddin menyatakan, hydrofuel sangat menjanjikan sebagai alternatif energi. Bahkan Banyugeni siap diproduksi secara komersial untuk industri dan kepentingan masyarakat luas. “Untuk membantu rakyat kecil,” katanya.

    “UMY ingin memberikan hasil penelitian ini untuk seluruh rakyat Indonesia, bahkan dunia. Soal bahan baku, sangat melimpah di sekitar kita,” ia menegaskan. Sebab bahan baku Banyugeni yang paling pokok adalah air. Bisa menggunakan air tawar ataupun air laut. Sebelumnya, UMY menggelar soft launching di kampus UMY, Jalan Ring Road Barat, Bantul, Yogyakarta, 13 Februari silam.

    Dalam acara itu dilakukan penyalaan lampu dan kompor minyak menggunakan hydro-kerosene (pengganti minyak tanah) Banyugeni. Nyala lampu maupun kompor berwarna kemerahan dan tidak menimbulkan asap jelaga berlebihan.

    Untuk hydro-diesel (kembaran solar) dan hydro-premium (setara bensin), percobaan dilakukan dengan menggelontorkannya ke tangki traktor dan sepeda motor. Ketika traktor distarter, asap hitam mengepul dari cerobong traktor saat pertama kali menyala, selanjutnya bening. Knalpot sepeda motor yang menyalak juga tidak menimbulkan asap lengas.

    Sedangkan hydro-avtur (pengganti avtur) dijajal di Lembaga Pendidikan dan Latihan Penerbangan Surakarta, menggunakan pesawat ultra-ringan tipe Jora, 11 Februari 2008. Mesin Rotax 582 ternyata mudah beradaptasi dengan hydro-avtur. UMY memperoleh surat resmi dari lembaga tadi yang menyebutkan bahwa hydro-avtur Banyugeni bisa digunakan untuk menerbangkan pesawat. “Dalam surat itu juga disebutkan, baik untuk start engine maupun power memuaskan,” kata Khoiruddin.

    Uji coba berlangsung lancar. “Penelitian ini menggunakan air laut karena kalau menggunakan air tanah akan berbenturan dengan kepentingan manusia,” tutur Purwanto, seorang peneliti. Dia menjelaskan, pada hakikatnya air (H20) adalah api.Jika atom 2H20 terpecah menjadi 2H2 dan 02, maka H2 bisa menyala, bahkan bisa meledak. Sedangkan 02 merupakan komponen pembakar.

    “Tak ada api tanpa oksigen. Dari teori seperti ini, maka bukan hal aneh membuat bahan bakar dengan bahan dasar air. Jika temuan ini diproduksi secara massal, persoalan bahan bakar bukan lagi masalah utama di negeri kita,” Purwanto optimistis. Selain Purwanto, penelitian juga dilakukan oleh Bledug Kusuma Prasadja, Tony K. Haryadi, Lilik Utari, dan Nike Triwahyuningsih.

    Nike Triwahyuningsih menjelaskan bahwa semua jenis air bisa diolah menjadi hydrofuel setelah melalui proses pemurnian air. Air murni merupakan bahan dasar Banyugeni. Untuk memperolehnya, dari satu liter air tanah, setelah dimurnikan, akan diperoleh 0,5 liter air murni. Untuk air laut, volume air murni yang diperoleh bisa lebih banyak.

    Limbah hasil proses pemurnian ini pun masih bisa dimanfaatkan, misalnya untuk pupuk atau aspal. Proses pemurnian air ini lazim disebut demineralized water alias demin water. Pertamina juga memproduksi air murni melalui Water Treatment Unit Pengolahan III Plaju, Palembang. Air murni produksi Pertamina Plaju diproses dengan metode pertukaran ion (ion exchange) menggunakan ion exchange resin sebagai media penukar ion.

    Ion adalah atom bermuatan listrik positif maupun negatif. Ion dalam pemurnian air berfungsi sebagai pengikat mineral. Demin water adalah air murni dengan kandungan mineral sangat kecil. Pertamina Plaju memproduksi 45.270 meter kubik air murni per tahun. Dalam bidang kedokteran, air murni biasanya digunakan untuk mengobati pasien gagal ginjal.

    Sedangkan untuk menghasilkan bahan bakar dan air murni, para peneliti memakai teknologi mekanotermal-elektrokemis yang mencakup empat macam proses, yaitu mekanik (gerak), termal (panas), listrik, dan kimiawi. Perpaduan keempat proses itu dengan bahan baku air murni menghasilkan empat produk bahan bakar. Menurut Bledug Prasojo, hydrofuel sangat hemat.

    Dari satu liter air murni dapat tercipta bahan bakar yang jumlahnya kurang lebih sama. “Penyusutannya sedikit, sekitar 10 ujarnya. Air yang digunakan adalah air biasa atau air tawar. Air laut juga bisa digunakan, tapi harus melewati fase penyulingan terlebih dahulu.

    Meskipun terbuat dari air, toh bahan bakar hydro tidak menyebabkan karat (korosif). Kelebihan lain, emisinya sangat rendah. Tidak hanya lewat pantauan indra, melainkan juga melalui uji laboratorium. Produk ini sudah diuji di PT CoreLab Indonesia, laboratorium internasional yang independen. Hasilnya menunjukkan, empat varian Banyugeni telah memenuhi standar Dirjen Migas.

    Menurut hasil uji laboratorium, selain tidak korosif, residu pada hydropremium sangat rendah. Standar baku menetapkan 2,0olume hydro-premium mencatatkan residu pada nilai 0,5Kandungan pencemar lainnya juga tipis. Bahkan kandungan timbalnya hampir nol.

    Seperti saudaranya, hydro-avtur juga tidak korosif dan beremisi rendah (total sulfurnya hanya 10ari maksimal yang dipersyaratkan). Ia juga tidak mudah membeku (freezing point minus 45 derajat celsius). Ketahanan terhadap pembekuan memang penting bagi bahan bakar pesawat. Sebab, jika pesawat terbang tinggi, suhu udara yang mengelus pesawat bisa mencapai minus 25 derajat celsius.

    Hydro-diesel juga tidak korosif, beremisi rendah, dan tidak meninggalkan residu berlebihan. Itu pula yang dicatatkan hydro-kerosene. Bahan bakar rakyat itu, selain tidak korosif, juga tak beracun.

    Setelah lulus dari rangkaian ujicoba itu, menurut Bledug, penelitian hydrofuel sudah final. Namun, untuk memproduksi secara massal dan komersial, ada serangkaian proses lebih lanjut. Tentu harus pula melibatkan pabrikan yang bisa memasok bahan baku air murni.

    “Harus melalui perhitungan-perhitungan rumit. Tim peneliti harus berkumpul lagi dan merumuskan rancangan-rancangannya,” Bledug menegaskan. (GATRA, 12 Maret 2008/ humasristek)


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Rifki kurnia
    Senin, 2 Juni 2008 (19:30 WIB) dari IP 125.163.222.29

    ada yang punya artikel tentang cara pembuatan solar cell dari cat silikon g?kl ad yang punya tolong krm artikelnya di www.manngomlx@yahoo.com mksh sebelumnya


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Rifki kurnia
    Senin, 2 Juni 2008 (19:31 WIB) dari IP 125.163.222.29

    ada yang punya artikel tentang cara pembuatan solar cell dari cat silikon g?kl ad yang punya tolong krm artikelnya di www.manggomlx@yahoo.com mksh sebelumnya


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Arstyan
    Rabu, 16 Juli 2008 (12:10 WIB) dari IP 124.195.56.130

    Pertanyaan saya sebenarnya sprti yg dikirim saudara Dwi Y yaitu tentang dimana kira2 bisa mendapatkan cendawan aspergillus sp?, dan berapa harganya?? Mohon bantuannya dan terima kasih sebelumnya.


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Altari Energi
    Rabu, 23 Juli 2008 (14:35 WIB) dari IP 202.152.170.240

    Saya baru saja bekerja di perusahaan yang bergerak bidang energi terbarukan dan baru saja menemukan forum yang menarik ini,mungkin untuk bidang ini saya masih sangat awam dibanding kawan2 semua. Menurut saya kenapa tidak dibuat semacam pembagian thread misalnya untuk penemuan2 baru,penelitian,biologi, PLTS, PLTB, PLTMH atau forum jual-beli, dengan syarat anggota forum harus memasukkan data diri terlebih dulu. hal itu mungkin akan lebih memudahkan untuk mencari artikel tertentu dari kawan2 semua.
    Demikian usul dari saya, sekedar usulan dari orang awam, mohon maaf bila ada yang kurang berkenan.
    Bravo ilmu pengetahuan, barengi dengan ketakwaan. Salam.


    Kursus on-line PV device and applications
    Oleh : Agah.garnadi@gmail.com
    Rabu, 30 Juli 2008 (22:06 WIB) dari IP 134.76.80.105


    Berikut ini link kursus on-line dari UNSW, Sydney,
    mengenai 'Photovoltaic device and applications'.

    Term berikutnya dibuka bulan Desember.
    Ada 2 stream:
    1. Hard (perlu matematik) yang diperuntukkan bagi mereka
    yang memiliki latar belakang rekayasa bermatematematik.
    2. Soft (tak perlu matematik) yang diperuntukkan bagi mereka yang berlatar belakang rekayasa non-matematis, seperti Arsitek.

    Berikut linknya:

    http://www.pv.unsw.edu.au/online-course/pv-devices-and-apps/index.asp

    Selamat belajar.


    Re: Jangan bohongi petani jarak
    Oleh : Akhir Rambe
    Kamis, 27 November 2008 (08:41 WIB) dari IP 124.158.133.50

    Kepada Yth
    Pejabat pemerintah
    Pengusaha kaya raya
    Himpunan petani jarak Indonesia
    Investor dan orang-orang
    yang mengambil keuntungan
    dari di keluarkannya anggaran
    di APBN negara yang sekian triliun itu

    Salam lestari

    Teriring doa saya sampaikan semoga kita semua selalu sehat wal afiat dalam lindungan Allah SWT dalam menjalankan aktiitas sehari-hari.

    Disini saya sampaikan analisa lapangan yang saya alami bersama teman-teman petani jarak di Lampung

    Lahan 1 Ha di Butuhkan pemupukkan
    Urea 50 kg @11.000/kg = 550.000
    kcl 150 kg @8.000/kg = 1.200.000
    Sp 36 50 kg @.9000 = 450.000

    Total -------------
    2.200.000

    Jadi kebutuhan petani jarak / Tahun per Ha = 2.200.000

    Hasil panen
    Tahun pertama / ha akan menghasilkan = 1000 Kg
    Tahun kedua / ha akan menghasilkan = 1400 Kg
    Tahun ketiga / ha akan menghasilkan = 1700 kg
    Tahun keempat / ha akan menghasilkan = 2500 kg

    Harga jual Rp1000

    Estimasi kerugian petani pertahun

    Kebutuhan petani- hasil panen x harga jual

    Kerugian petani tahun pertama
    2.200.000- 1.000.000 = 1.200.000 + tenaga

    kerugian petani tahun kedua
    2.200.000- 1.400.000 = 800.000 + tenaga

    Kerugian petani tahun ketiga
    2.200.000- 1.700.000 = 500.000 + tenaga

    KeUntungan petani tahun keempat
    2.200.000- 2.500.000 = 300.000 + tenaga

    Jadi berdasarkan pengalaman ini saya mohon kiraanya kepada seluruh namanya dan statusnya yang tersebut diatas
    Tolong sampaikan kenyataan ini dan jangan lagi membohongi kami para petani dengan penelitian ilmiah dan ilmiah lagi jadi semua para peneliti tolong juga sampaikan kenyataan ini jangan anda seenaka perut nya mengatakan harga Rp.500 sudah mengutungkan jadi jangan tipu kami lagi tolong meminta maaflah kepada Tuhan sekali lagi Tolong meminta maaf kepada Tuhan.

    Hormat saya

    petani Jarak yang merugi



    Re: Jual Bunga rosella kering
    Oleh : Zulfan
    Kamis, 27 November 2008 (09:20 WIB) dari IP 124.158.133.50

    Di jual hasil panen Bunga rosella kering
    Harga 60.000/kg frangko Kediri
    Hub : 081586308986


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Singgih Nata
    Sabtu, 29 November 2008 (19:51 WIB) dari IP 69.203.134.42


    Sdr. Rambe,

    Pelajaran yang sangat berharga.
    Dari pengalaman Anda itu, apa terpikir perbandingan sistim kapitalis dengan koperasi umpamanya ???
    Bagi kita rakyat dengan modal kecil sistim yang mana kiranya yang cocok dan menghasilkan buah yang dapat dipetik ?

    S.Nata


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Akhir rambe
    Selasa, 2 Desember 2008 (15:06 WIB) dari IP 124.158.133.50

    Kalau saya boleh menjawab tidak kedua-duanya karena sistem kapitalis dan sistem koperasi sama2 merugikan petani yang Untung pengelolanya.

    Jadi saran saya adalah kembali kezaman nenek2saya dulu yang hanya menjual ketika dia memiliki kelebihan dari hasil kebun dan sawahnya selebihnya disimpan di lumbung jadi jika ada masyarakat yang kekurangan dia boleh pinjam dari lumbung dan kalau sudah lebih baru di kembalikan di lumbung jadi inilah yang harus kita adopsi kita menjual kalau kita sudah berlebih jadi kalau kita masih kurang jangan menjual


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Singgih nata
    Selasa, 2 Desember 2008 (19:54 WIB) dari IP 69.203.134.42


    Sdr. Rambe,

    Suatu gagasan bagus.
    Mungkin kalau productnya beras, jagung dan kacang-kacangan sangat cocok dan searah dengan ajaran Agama ( bagi-bagi rezeki Pemberian-NYA).

    Namun kalau biji jarak, siapa yang memerlukan. Lain halnya kalau sudah diproses menjadi Minyak Jarak.

    Kalau minyak jarak dapat diberikan kalau ada yang memerlukan untuk minyak lampu templok.

    Mungkin coba-coba dimulai sesuatu yang baru, dipelopori oleh Anda.
    Para petani kumpul-kumpul, dengan wadah koperasi membeli alat atau membuat alat sendiri untuk menggiling biji jarak menjadi minyak. Kemudian disaring sampai tak ada kotoran sedikitpun.
    Minyak jarak dapat menggantikan minyak solar, atau dapat dicampur dengan minyak solar untuk bbm mesin diesel (mobil,generator listrik, traktor ).

    Dengan nama koperasi, coba untuk menjualnya ke PLN, atau ke Pemda sebagai bahan campuran minyak diesel bagi kendaraan Pemda.

    Karena ini usaha gotong-royong (koperasi) rakyat petani, masa iya Pemda menolak mentah-mentah.

    Minta pertolongan dari Dep. Koperasi, atau LSM lainnya, juga WAHLI ( group yang mencermati lingkungan hidup) dan LIPI yang mengelola situs ini untuk pertolongan dari segi teknis membuat alat-alatnya.
    Ajukan permintaan modal usaha ke BRI atau Bank lainnya.

    Anda beserta kawan-kawan Petani tidak memerlukan bantuan dari :
    Kepada Yth
    Pejabat pemerintah
    Pengusaha kaya raya
    Himpunan petani jarak Indonesia
    Investor dan orang-orang
    yang mengambil keuntungan
    dari di keluarkannya anggaran
    di APBN negara yang sekian triliun itu

    Berdiri dikaki sendiri.

    Tuhan tidak akan memberikan perubahan kepada umatnya, kalau umat itu sendiri tidak mencoba untuk merubahnya sendiri.

    Semoga sukses.
    Dan akan sukses , karena Anda yang mempelopori perubahan yang dikehendaki-NYA. Dan Anda berusaha demi kepentingan rakyat banyak. Merdeka !!

    Salam,
    Singgih Nara


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Akhir rambe
    Jumat, 5 Desember 2008 (10:59 WIB) dari IP 124.158.133.50

    Terimakasih kepada bapak singgih nara yang memberikan masukan kepada kami tentang koperasi dan tata caranya jadi kami mohon maaf sebelumnya pak jangankanpinjam modal pak untuk pemakaian sendiri dan pembuatan menjadi minyak apa memang segampang itu pak sya aja kemarin mengajukan pinjaman kredit untuk penanaman jarak eh malah diminta surat tanah katanya sebagai jaminan pak terus harus dipotong lagi uang adminstrasi pak jadi apa yang saya alami ini karena saya sudah gagal bayar kredit tanah saya yang saya gadaikan untuk mendapatkan modal menanam biji jarak yang mungkin tanah ini akan menjadi milik bank mandiri tahun depan jadi usul bapak itu sudah kami lakukan jadi kami petani jarak disini khususnya kelompok Tanin sumber rejo sudah tidak lagi menjadi petani tapi kami akan menjadi buruh tani

    Jadi kami mohon kepada bapak singgih nara berikan kami jalan bagaimana caranya kami bisa mendapatkan tanah kami lagi yang akan jatuh tempo gagal bayar kata pihak escutornya karena hanya tinggal itulah tanah yang kami miliki

    Bagi seluruh teman-teman yang membaca ini tolong kasih
    tahu kami jalan keluarnya sebelum tanah kami diambil alih pihak bank ini saya sampaikan perhitungan pihak bank

    Tahun 2006 pinjaman Rp.4.000.000 bunga 15etahun kira2 Rp. 600 rb rupiah tahun 2007 Rp.4.600.000 bunga 15p 690.000
    Tahun 2008 Rp 5.290.000 Bunga 15p.793.500
    Jadi total hutang kami Rp.6.083.500

    Jadi Pak saat ini kami hanya tinggal melihat kapan esekusi akan dilaksanakan jadi sekali lagi kami bagaimana jalan keluarnya

    Maaf pak singgih inilah yang terjadi sama kami sekarang ini jadi kalau memang benar seperti yang pak singgih katakan itu saya dan teman-teman petani akan berterimakasih sekali

    Tolong kami apa memang ada jalan keluarnya yang lain

    satu lagi pak saya secara pribadi saat ini sedang di hukum masyarakat jadi semua masyarakat menganggap sayalah penyebab ini semua belum lagi beban anak istri saya yang harus menanggung akibat dari perbuatan saya ini

    hormat saya tolong bantu kami pak carikan jalan keluarnya
    Mudah-mudahan Tuhan beserta staf-stafnya mendengar keluhan kami ini

    Terima kasih pak
    Ketua kelompok tani
    Sumber rejo


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Singgih Nata
    Jumat, 5 Desember 2008 (20:25 WIB) dari IP 69.203.134.42

    Sdr. Rambe,

    Mohon dikirimkan alamat yang lengkap dari tempat kediaman Anda, serta keterangan yang lain agar emudahkan untuk menghubungi Anda dengan lain cara selain di forum ini.

    Terima kasih,

    Hormat satya,
    Singgih Nata


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Akhir.rambe
    Sabtu, 6 Desember 2008 (10:33 WIB) dari IP 124.158.133.50

    Terima kasih pak

    ini alamat saya Lampung tengah kecamatan bekri kampung rengas dusun II bekri

    Terima kasih pak mudah-mudahan bapak dapat membantu kami

    hormat saya
    ketua kelompok tani
    Sumber rejo


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Desi latucansina
    Rabu, 10 Desember 2008 (13:12 WIB) dari IP 124.158.133.50

    hai nama saya desi dimanakah saya bisa mendapatkan sampel etanaol berbasis singkong
    tolong dong kalau yang tahu
    saya butuh untuk bahan penelitian saya

    Terima kasih ya kalau ada yang membantu ?


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Singgih nata
    Rabu, 10 Desember 2008 (19:03 WIB) dari IP 69.203.134.42


    Desi,

    Coba nasuk ke "http://www.warintek.ristek.go.id/"

    Salam,Singgih Nata


    Mw buat biofuel sendiri
    Oleh : Kotaro
    Sabtu, 13 Desember 2008 (12:41 WIB) dari IP 125.163.16.115

    Rencananya mw buat bioethanol skala rumah tangga...
    tapi gw gak tw dimana mesti beli bakteri aspergillus sp
    tolong ya kasih tw ke sacianjur@telkom.net

    trims' ditunggu!!!


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Singgih nata
    Sabtu, 13 Desember 2008 (18:32 WIB) dari IP 69.203.134.42

    http://www.indobiofuel.com/

    Sdr. Kotaro,

    Coba masuk ke site tsb diatas.

    Salam,
    Singgih Nata


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Budi purnomo
    Kamis, 18 Desember 2008 (17:48 WIB) dari IP 125.160.193.84

    oke


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Budi purnomo
    Kamis, 18 Desember 2008 (17:55 WIB) dari IP 125.160.193.84

    salam kenal pak Singgih..
    Rencana ini sudah lama dari zaman nenek moyang peniggalan sumur belanda yang kaya akan minyak (mentah) bumi berhubung keterbatasan info jadi belum bisa di manfaatkan.sudah pernah masuk kePERTAMINA tp mereka protek masalah itu.Mohon sarannya untuk Study kira2 saya harus kemana ya pak?


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Singgih nata
    Sabtu, 20 Desember 2008 (06:56 WIB) dari IP 69.203.134.42

    Sdr. Budi Purnomo,

    Dalam UUD Negara kita, semua kekayaan yang berada didalam bumi (tanah) adalah kepunyaan negara.
    Jadi kalau Anda ingin mengolah sumur tersebut harus sekali lagi harus ada izin dari Departemen yang berwenang. Departemen Pertambangan, mungkin sekarang dibawah Dept Energi.

    Kalau Belanda meninggalkan sumur dan juga Pemerintah kita (Dept. Pertambangan atau Pertamina) tidak menghiraukan sumur itu, berarti sumur itu tidak berharga untuk dikelola. Mungkin kadarnya dibawah apa yang semestinya. Atau jumlah minyak didalam bumi tidak banyak. Kalaupun dikelola dan dijual tidak ada pembelinya.
    Jadi investasi di sumur itu akan sia-sia. Bisa saja kalau dicium dengan hidung kita memang bau minyak.

    Kalau Anda akan mengelola sumur itu, seperti diatas harus ada izin. Dan kalau menggarap sumur ini dan hasilnya dijual akan dikenakan semacam pajak yang disebut royalti kepada Pemerintah.

    Kalau dioperasikan dan tidak membayar royaltinya Anda dapat dijebloskan di penjara. Dianggap mencuri barang milik pemerintah.

    Minyak mentah yang baru keluar dari bumi harus diolah terlebih dahulu untuk dijadikan minyak yang dapat berguna.
    Nah kalau tidak diolah paling-paling hanya dapat dipakai untuk minyak lampu templok.

    Padahal sekarang khan listrik sudah sampai didesa-desa. Juga perkembangan dalam dunia teknik yang mutakhir listrik dapat diperoleh dari cahaya matahari, air terjun atau kincir angin.

    Saya bukan ahli pertambangan, apalagi pengeboran minyak. Saya hanya dapat memberikan keterangan pendahuluan saja, secara garis besar.
    Untuk mendapatkan keterangan yang lebih mendalam dan lengkap, coba menghubungi Dept. Energi.

    Salam,
    Singgih Nata


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Budi purnomo
    Rabu, 24 Desember 2008 (18:11 WIB) dari IP 125.160.194.83

    terima kasih atas tanggapannya pak.
    Memang setelah saya cari-cari informasi sumur2 tua peninggalan belanda ini dibawah Menteri ESDM dan udah menerbitkan PERMEN No. 1 Bulan Februari tahun 2008 perubahan dari PERMEN 2005. Tambang yang dikerjakan oleh rakyat sekarang memang sudah berjalan didesa kami pak,tepatnya didesa ledok kabupaten Blora termasuk wilayah Blok CEPU namun belum seberapa hanya beberapa titik sumur.dan hasil pertambangan dibeli langsung oleh PERTAMINA,yang jadi permasalahannya pak:Setelah mempelajari isi PERMEN ESDM 2008 dibawah nama KUD ,Proses izin dari BP MIGAS atau PERTAMINA pak? soalnya rekomendasi dari pemerintah Blora sudah menyetujui dan tidak ada permasalahan sudah sesuai dengan PERMEN 2008.saya dan teman-teman butuh payung hukum yang jelas dan akan menghormati UUD 1945.Tks


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Faruq
    Sabtu, 14 Maret 2009 (18:59 WIB) dari IP 202.3.213.129

    Tolong kasih tahu syarat debit air untuk mikrohidro 100-500watts, dimana kalau beli pembangkitnya beserta desain pendukungnya?trim
    uf4ruq@gmail.com


    Cari pembangkit Mikrohidro 100-500watts
    Oleh : Faruq
    Sabtu, 14 Maret 2009 (19:01 WIB) dari IP 202.3.213.129

    sama dengan email diatas


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Moh saleh
    Jumat, 17 Juli 2009 (09:51 WIB) dari IP 125.164.252.164

    para ilmuwan indonesia kikir memberikan ilmunya padahalilmu itu tdk dibawa mati.sedikit sedikit bayar


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Maurits.K
    Rabu, 18 November 2009 (19:49 WIB) dari IP 118.96.3.38

    mau tanya nyari aspergilus sp dimana ya???

    trus klo mau buat dengan skala rumah tangga bisa gk y??


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Dadang 085646499775
    Senin, 30 Agustus 2010 (00:06 WIB) dari IP 64.255.164.101

    mohon info tempat jual cendawan aspergillus dimana.saya butuh buat bioetanol singkong. apabila ada yg tahu email saya di KUNAM.X@GMAIL.COM ATAU SMS DI 085646499775 TERIMA KASIH


    Jual Cendawan Aspergillus Niger
    Oleh : Elon Losman 085762346999
    Kamis, 16 Desember 2010 (23:03 WIB) dari IP 125.165.31.85

    Saya menjual Cendawan ( Aspergillus ) untuk pembuatan bioetanol dari pati ( singkong ).

    Harga : 75.000/kg

    email: elon_losman@yahoo.com
    Hp: 0857-6-234-6-999


    Jual Cendawan Aspergillus Niger
    Oleh : Elon Losman 085762346999
    Selasa, 8 Maret 2011 (09:45 WIB) dari IP 125.162.8.60

    Saya menjual Cendawan ( Aspergillus Niger ) untuk pembuatan bioetanol dari pati ( singkong ).
    Cocok juga untuk fermentasi pakan ternak.
    konsentrasi sporanya tinggi, sehingga pemakaiannya hemat.

    Harga : 75.000/kg

    email: elon_losman@yahoo.com
    Hp: 0857-6-234-6-999


    Jual Cendawan Aspergillus Niger
    Oleh : Elon Losman 085762346999
    Rabu, 16 Maret 2011 (17:59 WIB) dari IP 125.165.0.215

    Saya menjual Cendawan ( Aspergillus Niger ) untuk pembuatan bioetanol dari pati ( singkong ).
    Cocok juga untuk fermentasi pakan ternak.
    konsentrasi sporanya tinggi, sehingga pemakaiannya hemat.

    Gratis!!!
    Tutorial pembuatan bioetanol dan fermentasi pakan ternak, untuk pembelian setiap kg.

    Harga : 75.000/kg

    email: elon_losman@yahoo.com
    Hp: 0857-6-234-6-999


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Hasan
    Jumat, 14 Oktober 2011 (16:00 WIB) dari IP 114.79.16.70

    saya mau beli aspergillus niger, mas elon tinggal dimana?


    Beli aspergillus niger
    Oleh : Hasan
    Jumat, 14 Oktober 2011 (16:04 WIB) dari IP 114.79.16.70

    saya mau beli aspergillus niger, mas elon tinggal dimana?


    Re: Pembukaan kembali forum terbuka di portal energi
    Oleh : Maureen sisilya
    Rabu, 13 Juni 2012 (09:42 WIB) dari IP 180.214.232.25

    Saya memerlukan biji jarak Dan minyak jarak
    Apabila Ada yg tau dmn sy bs beli tlg Kirim email ke saya sisiliamaureen@gmail com thx u


    Pembicara energi terbarukan
    Oleh : Shelena bio unj
    Rabu, 31 Juli 2013 (22:03 WIB) dari IP 114.79.2.88

    rekan-rekan ada yg punya kontak untuk pembicara yang berkompeten untuk seminar tentang energi terbarukan?


    Pembicara energi terbarukan
    Oleh : Shelena
    Rabu, 31 Juli 2013 (22:05 WIB) dari IP 114.79.2.88

    jika rekan-rekan ada yang tahu, mohon hub saya ke shelena_nrd@yahoo.com, terimakasih..mohon bantuan
    salam lestari, salam konservasi


  • TULIS TANGGAPAN BARU :
    PERHATIAN : Semua data terminal yang mengakses otomatis dicatat sebagai arsip serta untuk kenyamanan bersama.

    judul :
    penulis :
    isi :
    Kata kunci dinamis : *     [ lihat disini ! ]
     

    » kirim ke teman
    » versi cetak

  •   Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2017 LIPI