energi lihat situs sponsor
 
Rabu, 22 November 2017  
 


kembali ke depan »  
Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Ledakan di Batan Terjadi Saat Penelitian Biodiesel Teknik Ultrasonik
Muhammad Hasits (Okezone.com)

Selasa, 11/09/2007 13:44 WIB

JAKARTA - Ledakan yang terjadi di Laboratorium Crystal Growing, Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), terjadi ketika para peneliti yang menjadi korban itu, tengah melakukan penelitian sintesa bahan biofuel atau bioediesel.

Hal itu disampaikan Kepala Batan Hudi Hastowo, yang mendampingi Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek) Kusmayanto, dalam jumpa pers di Batan, Serpong, Tangerang, Selasa (11/9/2007).

"Kegiatan yang dilakukan peneliti itu melakukan sintesa bahan biofuel atau bioediesel, dengan teknik ultrasonik yang menggunakan metode estrifikasi," jelas Hudi.

Selain penelitian itu, tutur Hudi, para peneliti itu juga sedang membuat bahan additif terkait. Bahan additif ini nantinya, diharapkan dapat meningkatkan nilai sectan untuk MFO (marine fuel oil) yang dihasilkan.

"Sehingga, proses pembakaran bahan bakar tersebut menjadi lebih efektif," paparnya. Menurut Hudi, seluruh kegiatan penelitian yang berakhir ledakan itu, dilakukan di laboratorium kimia biasa atau non radiasi. "Ini, artinya di luar pagar kuning," tegas Hudi kembali. (ism)

Sumber : Ledakan di Batan Terjadi Saat Penelitian Biodiesel Teknik Ultrasonik

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 19 September 2007

  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2017 LIPI