energi lihat situs sponsor
 
Kamis, 20 Juli 2017  
 


kembali ke depan »  
Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

1.200 Unit PLTS Diprioritaskan di Pulau Terpencil
Lusianus Andreas Sarwono (Kompas Cyber Media)

PANGKAL PINANG, KOMPAS — Sebanyak 1.200 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) akan dipasang di sejumlah desa di Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tahun ini. Pemasangan PLTS dipriorotaskan di desa yang sama sekali belum teraliri listrik dan berada di pulau-pulau terpencil.

Pejabat Pembuat Komitmen Listrik Perdesaan Babel Kristo Gultom mengatakan program bantuan murni pemerintah pusat ini akan direalisasikan sekitar triwulan ketiga 2007.

“Saat ini Lembaga Pemanfaatan Energi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral tengah menyiapkan tender pengadaan PLTS. Kami nanti akan bekerjasama dengan Dinas Pertambangan dan Energi Babel serta pemerintah kabupaten untuk menyurvei desa-desa di pulau terpencil,” ucap Kristo, Selasa (17/4).

Tahun 2004, jumlah PLTS yang sudah terpasang sebanyak 44 unit di dua desa. Tahun 2005, jumlah pemasangan PLTS bertambang menjadi 1.153 unit yang tersebar di 30 desa. Rumah yang mendapat prioritas pemasangan listrik adalah rumah milik aparat desa dan fasilitas umum.

Sumber : 1.200 Unit PLTS Diprioritaskan di Pulau Terpencil

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 23 April 2007

  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2017 LIPI