energi lihat situs sponsor
 
Kamis, 19 Juli 2018  
 


kembali ke depan »  
Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Astra Agro Mulai Rintis Pabrik Biodiesel
Wahyudin Fahmi (Tempo Interaktif)

Jakarta:PT Astra Agro Lestari Tbk., mulai merintis pembangunan pabrik biodiesel. Dalam tahap awal, anak perusahaan PT Astra International Tbk., telah membangun proyek percontohan (pilot project) pabrik bahan bakar nabati di Kalimantan Tengah.

Head of Investor & Public Relations Astra Agro Lestari, Tjahyo Dwi Ariantono mengatakan, pembangunan proyek percontohan itu merupakan bagian rencana perseroan membangun pabrik biodiesel skala komersial. -(Pabrik itu) nilainya kecil koq, hanya sekitar Rp 2 miliar, ujarnya kepada Tempo di Jakarta akhir pekan lalu.

Tjahyo menjelaskan selain untuk keperluan riset project pabrik tersebut juga dimanfaatkan untuk memenuhi keperluan bahan bakar biosolar perseroan. "Hasilnya kami gunakan untuk bahan bakar alat-alat transport di perkebunan dan kami coba juga untuk genset (mesin pembangkit)," ujarnya.

Namun, dia menegaskan, perseroan belum sampai pada tahap penghitungan penekanan biaya yang dihasilkan dari pemanfaatan pilot project tersebut. "Kami belum tahu seberapa besar pengiritan biaya yang dihasilkan." Kapasitas terpasang pilot project pabrik itu dipersiapkan untuk tiga ton kelapa sawit per hari. "Tapi saat ini kapasitas terpasangnya baru satu ton per hari," ungkapnya.

Hingga akhir 2007, Astra Agro merencanakan bisa membangun dua pabrik biodiesel senilai US$ 14 juta. Pabrik yang akan berlokasi di Kalimantan Tengah dan Riau memiliki kapasitas 90 ton tandan buah segar per jam. Diperkirakan tahun 2007, perseroan mampu mencapai peningkatan pertumbuhan produksi 10-15 persen dibanding 2006 sebesar 965 ribu ton CPO (crude palm oil).

Sumber : Astra Agro Mulai Rintis Pabrik Biodiesel

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 30 Januari 2007

  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2018 LIPI