energi lihat situs sponsor
 
Senin, 19 November 2018  
 


kembali ke depan »  
Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Biofuel Murni Siap Gantikan Solar
Noegrahany Widhi Koesumawardani (Detikcom)

Jakarta - Sepertinya sebentar lagi bahan bakar fosil akan tergantikan dengan bahan bakar biofuel dari minyak nabati. Bahkan bahan bakar ini tidak perlu ada prosentase campuran, alias 100urni. Bahan bakar ini bernama INA BF 100 (Indonesia Nabati Additive Bio Fuel 100).

Minyak nabati INA BF 100 ini terbuat dari biji tumbuhan jarak pagar (Jatropha curcas). Dengan metode yang ditemukan, maka bahan bakar dari minyak nabati bisa dipakai murni, tanpa campuran. Tanpa modifikasi mekanis apapun, sehingga bisa disebut sebagai pengganti solar.

Prosesnya, minyak mentah tumbuhan jarak itu, harus mengalami transesterifikasi, yaitu perubahan bentuk dari satu jenis ester menjadi bentuk ester yang lain. Kemudian, ditambahkan metanol sebagai pereaksi sehingga menjadi metil ester.

“Sehingga bisa homogen dengan solar,” kata peneliti sekaligus Presdir FCI Gatot Ibnusantosa di Restoran Sari Kuring, SCBD, Sudirman, Jakarta, Rabu (8/11/2006).

Bentuk metil ester itu sendiri, sudah menjadi bio solar. Setelah itu ada beberapa perlakuan lanjutan, sehingga dihasilkan minyak jarak murni. Kemudian, tak lupa dicampurkan satu zat tambahan (additive) pada proses transesterifikasi untuk menurunkan kekentalan.

“Kita main di proses sehingga minyak bisa dipakai tanpa merubah komponen apapun,” imbuh Gatot.

Gatot juga menjamin bahwa bahan bakar biofuel ini lebih irit, pembakaran lebih bersih, tidak ada asap, dan tidak ada jelaga. “Menggunakan INA BF 100 ini jalan 120 km/jam di gas pun masih loncat,” imbuh Gatot.

Penelitian INA BF 100 ini menurut Gatot, dimulai dari tahun 2002 hingga tahun 2006. Modal yang diinvestasikan untuk peralatan pembuatan INA BF 100 ini cukup besar atau sekitar Rp 8,5 miliar.

Bahan bakar ini pun telah diuji coba menempuh jarak, Jakarta-Surabaya pulang pergi atau sekitar 1800 Km. “Kita juga sudah mempunyai pesanan dari ENERGEA, Austria,” tandas Gatot yang juga alumni ITS Surabaya ini.

Rencananya bahan bakar ini, secara resmi akan diluncurkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantornya, Jl Medan Merdeka Selatan, pada pukul 17.00 WIB, Kamis (9/11/2006). (ndr/ndr)

Sumber : Biofuel Murni Siap Gantikan Solar

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 9 November 2006

  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2018 LIPI