energi lihat situs sponsor
 
Senin, 19 November 2018  
 


kembali ke depan »  
Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Malaysia Bekukan Izin Pengolahan Bio-Diesel
Teguh Rachmanto (Media Indonesia Online)

KUALA LUMPUR--MIOL: Malaysia mengatakan pihaknya telah membekukan penerbitan izin pendirian pabrik pengolahan bio-diesel.

Pembekuan izin itu dimaksudkan sebagai upaya mencegah kurangnya pasokan minyak sawit mentah (CPO) yang menjadi bahan dasar pembuatan bio-diesel. Jika pengolahan bahan bakar nabati itu dilakukan secara besar-besaran, dikhawatirkan pasokan CPO untuk kebutuhan yang lain akan kurang.

Menteri Industri Pertanian dan Komoditi Peter Chin mengatakan dalam rapat kabinet, Senin, bahwa keputusan itu dibuat setelah persaingan di industri minyak sawit semakin ketat, yang digunakan untuk berbagai industri.

Menurut Chin, pemerinah Malaysia telah menerima 98 permohonan hingga 27 Juni lalu untuk penerbitan izin pembuatan bio-diesel.

Dengan begitu banyaknya permohonan penerbitan izin pembuatan pabrik pengolahan bio-diesel, maka semakin meningkat pula kekhawatiran akan terjadi kekurangan pasok CPO untuk industri terkait, khususnya untuk industri makanan dan oleo-kimia.

Malaysia pertama kali mendirikan pabrik pembuatan bio-diesel pada Januari lalu sebanyak tiga unit, sebagai upaya untuk mengurangi ketergantungan pada penggunaan bahan bakar minyak fosil.

Tingginya permintaan bio-diesel dari Eropa, Kolombia, India, Korea Selatan dan Turki, ikut mendorong pertumbuhan industri pengolahan bahan bakar nabati itu di Malaysia. (Tr/AFP/OL-03)

Sumber : Malaysia Bekukan Izin Pengolahan Bio-Diesel

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 3 Juli 2006

  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2018 LIPI