energi lihat situs sponsor
 
Jumat, 21 September 2018  
 


kembali ke depan »  
Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Indonesia Butuh Segera 8-27 Pabrik Biodiesel
Ant/OL-03 (Media Indonesia Online)

JAKARTA--MIOL: Indonesia membutuhkan segera para investor dalam negeri untuk membangun delapan hingga 27 pabrik biodiesel dalam rangka memenuhi target nasional 720 ribu kilo Liter (kL) biodiesel pada 2009.

"Jadi apa mampu, waktunya tinggal tiga tahun lagi untuk mencapai target tersebut," kata Ketua Balai Rekayasa Disain dan Sistem Teknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Soni Solistia Wirawan M Eng di sela Seminar "Business Opportunities of Biodiesel into the Fuel Market in Indonesia" di Jakarta, Rabu.

Indonesia, ujarnya, membutuhkan sekitar 27 pabrik skala kecil dengan kapasitas 30 ribu ton per tahun atau delapan pabrik skala besar dengan kapasitas 100 ribu ton per tahun dengan harga pabrik diperkirakan 9 juta dolar AS untuk pabrik skala besar.

Target tersebut adalah bagian lima persen dari target pemenuhan konsumsi energi nasional pada 2025, yakni 4,7 juta kilo liter biodiesel.

Ia mengakui, masalah investasi tidak masalah namun jika bangsa ini ingin menggunakan local content atau memanfaatkan investasi dalam negeri sendiri masih perlu insentif seperti pinjaman lunak.

"Misalnya beri pinjaman lunak ke konsorsium koperasi cukuplah Rp2 miliar untuk bangun pabrik," katanya. Menurut dia, kesiapan Indonesia dalam investasi biofuel itu sangat lamban, bahkan peraturannya baru saja keluar beberapa waktu lalu.

Peraturan tersebut yakni, Perpres no 5/2006 tentang kebijakan energi nasional dan Inpres no 1/2006 tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati (Biofuel) sebagai bahan bakar lain.

Mengenai bahan baku biodiesel ia menunjuk pohon jarak pagar paling potensial yang saat ini mulai ditanam di beberapa lokasi secara besar-besaran.

"Kalau kelapa sawit sayang jika digunakan sebagai pengganti solar karena lebih baik untuk minyak goreng, sedangkan pohon jarak kan beracun," katanya.

Ia mengatakan untuk kapasitas pabrik biodiesel 100.000 ton per tahun dibutuhkan 62,5 hektare lahan pohon jarak pagar.

(Ant/OL-03)

Sumber : Indonesia Butuh Segera 8-27 Pabrik Biodiesel

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 8 Maret 2006

  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2018 LIPI