energi lihat situs sponsor
 
Jumat, 21 September 2018  
 


kembali ke depan »  
Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

DEKLARASI GERAKAN NASIONAL PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAN KRISIS BBM
menkokesra.go.id (Menkokesra)

DEKLARASI GERAKAN NASIONAL PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAN KRISIS BBM MELALUI PENANAMAN JARAK PAGAR (Jatropa corchas L.)

Bersamaan dengan dilaksanakannya Temu Nasional Penanggulangan Kemiskinan tahun 2005 dalam rangka peluncuran dan sosialisasi Strategi Nasional Penanggulangan Kemiskinan (SNPK) dan peringatan Hari Internasional Pengurangan Resiko Bencana, tanggal 12 – 13 Oktober 2005 di Hotel Millenium, Jakarta, dilaksanakan pula penandatanganan Deklarasi Gerakan Nasional Penanggulangan Kemiskinan dan Krisis BBM melalui penanaman jarak pagar.

Deklarasi ditandatangani antara lain oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Dr. Alwi Shihab, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Sri Mulyani Indrawati, Menteri Sosial Bachtiar Chamsah, Menteri Dalam Negeri M. Ma’ruf, Menteri Pertanian Anton Apriantono, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, menteri Negara Koperasi dan UKM Suryadarma li, Menteri Negara Riset dan Teknologi Kusmayanto Kadiman, Ketua Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia Sutiyoso, Ketua Umum Badan Kerjasama Kabupaten Seluruh Indonesia Azikin Solthan, Direktur Utama PT PLN Eddi Widiono, Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Prabowo Subianto, Ketua Masyarakat Energi Hijau Indonesia Alhilal Hamdi, Managing Direktur Peace Ecoserities Indonesia Agus Pratama Sari, Direktur Utama Artha Ventura Parman Nataatmadja, Rektor ITB Joko Santoso, dan Institut Pertanian Bogor M. Chozin.

Berikut isi Deklarasi Gerakan Nasional Penanggulangan Kemiskinan dan Krisis BBM melalui penanaman jarak pagar :

DEKLARASI BERSAMA

Masalah terbesar yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah tingginya angka kemiskinan, luasnya lahan kritis dan krisis bahan bakar minyak (BBM). Oleh sebab itu pada hari ini,

Rabu tanggal Dua Belas bulan Oktober tahun Dua Ribu Lima, kami yang bertanda tangan di bawah ini sepakat untuk mendukung sepenuhnya

GERAKAN NASIONAL PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAN KRISIS BBM MELALUI REHABILITASI DAN REBOISASI 10 JUTA HEKTAR LAHAN KRITIS DENGAN TANAMAN YANG MENGHASILKAN ENERGI PENGGANTI BBM

Untuk melaksanakan kesepakatan bersama ini dirumuskan hal-hal sebagai berikut:

1. Mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan Strategi Nasional Penanggulangan Kemiskinan (SNPK) sebagai bagian dari penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak dasar rakyat menuju kehidupan yang lebih bermutu dan bermartabat.

2. Mendukung dan memfasilitasi sosialisasi gerakan nasional penanggulangan kemiskinan dan krisis BBM melalui rehabilitasi dan reboisasi 10 juta hektar lahan kritis dengan tanaman yang menghasilkan energi pengganti BBM kepada masyarakat luas, diantaranya Jarak Pagar, Tebu, Sawit, Umbi-umbian, sagu.

3. Mendukung, memfasilitasi dan mengembangkan skema pembiayaan termasuk keuangan mikro dalam gerakan nasional ini serta memberikan insentif fiskal yang diperlukan

4. Mendukung, memfasilitasi dan mengembangkan pendirian sentra-sentra pembibitan, penyebaran bibit kepada masyarakat luas, pengembangan perkebunan, pembangunan unit pengolahan biji jarak pagar dan pengembangan produk-produk samping dan turunan.

5. Menjamin pembelian biji dan minyak jarak pagar dari masyarakat oleh BUMN yang bergerak di bidang energi.

6. Membentuk tim kerja di lingkungan masing-masing dalam rangka mensukseskan kesepakatan ini

7. Membentuk forum lintas pelaku dalam rangka koordinasi paling lambat 3 hari setelah penandatanganan kesepakatan ini dan melaporkan kepada Menko KESRA selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan.

8. Menggalang kemitraan global dalam penanggulangan kemiskinan dan krisis BBM dengan pendekatan Mekanisme Pembangunan Bersih (Clean Development Mechanism) dalam kerangka Protokol Kyoto.

Demikian kesepakatan ini dibuat untuk dilaksanakan.

Sumber : DEKLARASI GERAKAN NASIONAL PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAN KRISIS BBM MELALUI PENANAMAN JARAK PAGAR (Jatropa corchas L.)

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 18 Oktober 2005

  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2018 LIPI