energi lihat situs sponsor
 
Senin, 19 November 2018  
 


kembali ke depan »  
Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Peresmian Pilot Plant UBC
Dept. Energi & Sumber Daya Mineral

Peresmian Pilot Plant UBC

Jumat, 19 Desember 2003 - 18:10 WIB

Sebagaimana kita ketahui bahwa dari total cadangan terbukti batubara Indonesia sebesar 43.6 miliar ton, dimana 58.6 ari total cadangan tersebut merupakan batubara kualitas rendah (lignite) dengan nilai kalori dibawah 5000 kkal/kg sehingga sulit untuk bersaing di pasar ekspor.

Sampai saat ini pemanfaatan batubara kualitas rendah untuk memenuhi kebutuhan energi di dalam negeri belum berkembang, hal ini disebabkan karena teknologi pemanfaatan yang dapat meningkatkan nilai tambah batubara kualitas rendah tersebut juga belum berkembang sehingga faktor keekonomian dalam pemanfaatan batubara kualitas rendah tersebut belum tercapai dan sulit untuk bersaing dengan bahan bakar lainnya termasuk dengan batubara jenis bituminous dan sub-bituminous.

Hal ini merupakan hambatan bagi pengembangan pemanfaatan batubara kualitas rendah selama ini, baik untuk pasokan dalam negeri maupun untuk ekspor. Dengan keterbatasan yang dimilikinya maka pemanfaatan batubara kualitas rendah tersebut sebaiknya dioptimalkan untuk pasokan dalam negeri terutama untuk mengurangi ketergantungan terhadap BBM.

Dalam upaya pengembangan pemanfaatan batubara kualitas rendah tersebut, Badan Litbang DESDM melakukan kerjasama dengan JCOAL (Japan Coal Energy Center) dalam pembangunan pilot plant untuk mengembangkan teknologi UBC (Upgraded Brown Coal). Teknologi ini diharapkan akan menjadi break thru dalam pengembangan pemanfaatan batubara muda/ kualitas rendah.

Pembangunan pilot plant ini secara resmi akan dilakukan pada Jumat, 19 Desember 2003 di Palimanan, Cirebon oleh Sekretaris Jenderal DESDM dan dihadiri oleh JCOAL, Kementerian Ristek, Kepala Badan Litbang DESDM, Kepala Puslitbang tekMIRA, serta Pemda Kabupaten Cirebon. (yr)

Sumber : ESDM (19-12-2003)

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 23 Maret 2004

  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2018 LIPI