energi lihat situs sponsor
 
Senin, 19 November 2018  
 


kembali ke depan »  
Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Hitachi Produksi Sel bahan Bakar Bagi PDA
VisionNet

Hitachi Produksi Sel bahan Bakar Bagi PDA

|15 Dec 2003 10:44:55| VisionNet - Perusahaan elektronika Jepang Hitachi tengah bekerja sama dengan Tokai, produsen geretan untuk memproduksi sel bahan bakar komersil bagi komputer tangan tahun 2005, demikian laporan perusahaan seperti diberitakan Cnetasia, Jum'at (12/12/03).

Saat ini beberapa perusahaan elektronika tengah menguji sel bahan bakar sebagai alternatif baterai nikel cadmium dan lithium yang ada saat ini. Pengujian ini diharapkan dapat menciptakan sumber energi murah dan tahan lama dalam bentuk yang kecil.

Sel bahan bakar menghasilkan listrik melalui sebuah reaksi kimia antara oksigen dan sebuah bahan bakar seperti hydrogen atau methanol. Sel ini terus menghasilkan listrik sepanjang ada bahan bakar.

Hitachi dan Tokai telah menciptakan sebuah cartridge prototype berukuran baterai AA yang dapat menampung 50 cm kubik methanol dalam konsentrasi 20Catridge bahan bakar ini dapat menyalakan PDA selama enam sampai delapan jam. Konsentrasi akan ditingkatkan sampai 30eiring produksi besar-besaran dimulai.

Toshiba, salah satu produsen yang rencana awal memproduksi sel bahan bakar 2004 mengalami pengunduran satu tahun. Pada bulan Oktober mereka telah menciptakan sebuah produk yang mampu memberikan operasi kira-kira 20 jam dengan 25 cm kubik bahan bakar dalam catridge.

Sel bahan bakar yang tengah dirancang Toshiba diperuntukan sebagai charger tangan bagi baterai perlengkapan mobile. Prototypenya telah didemokan oleh NEC awal tahun ini yang dapat memberikan power bagi notebook selama lima jam.

Hitachi, Toshiba, NEC dan NTT DoCoMo adalah produsen elektronika yang mengumumkan penjualan produk berbahan bakar methanol.(ya2n)

Sumber : VisionNet (15-12-2003)

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 23 Maret 2004

  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2018 LIPI