energi lihat situs sponsor
 
Rabu, 18 Juli 2018  
 


kembali ke depan »  
Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Gebrakan untuk energi alternatif masa depan : Hari ini pemasaran mobil Fuel Cell pertama di dunia
Antok

Pada 24 Juli 2002 lalu, Honda FCX ditetapkan sebagai mobil Fuel Cell (FC) yang akan pertama kali meluncur di jalan-jalan di Amerika, Canada dan Jepang. Dimana mobil ini telah memenangkan seleksi ketat di Amerika dan merupakan mobil FC pertama di dunia yang mendapatkan ijin on-road setelah bersaing dengan Daimler Chrysler, Ford Motor, Mazda, Toyota, Nissan, General Motor, dan Renault. Ijin tersebut dikeluarkan oleh Environmental Protection Agency (EPA) dan California Air Resource Board (CARB).

Mobil Honda FCX akan menjual dalam jumlah terbatas 30 buah di Amerika dan Jepang dalam 2-3 tahun mendatang. Saat ini akhir Oktober, Honda FCX telah mulai meluncur di jalan raya Jepang, bahkan dari Amerika telah ada permintaan 5 buah. Honda yang bekerjasama dengan California Fuel Cell Partnership telah melakukan berbagai percobaan dengan membuat Honda FCX-V2 sejak 1999 dan FCX-V3 dan FCX-V4 pada tahun 2001. Honda FCX tipe Proto yang merupakan perbaikan dari FCX-V4, yang dipasarkan tahun ini.

Dengan kekuatan penampungan bahan bakar hydrogen 156.6 liter bertekanan 350 atm, dengan kecepatan maksimum 150 km/jam, Honda FCX dapat melaju 335 km. Tipe FC yang dipakai adalah Polymer Electrolyte Fuel Cell (PEFC) milik Ballard Co. (perusahaan stack FC terkemuka dari Canada) dengan suhu 60-80oC dan bertenaga 78 kW. Harga dari mobil ini diperkirakan akan bisa bersaing dengan mobil dari perusahaan terkenal, dalam waktu dekat Honda akan memberikan pengumuman.(ELD)

Skema sederhana PEFC diperlihatkan pada gambar.

Sumber : Berita IPTEK (26 Oktober 2002)

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 12 Oktober 2003

  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2018 LIPI